Lurah Opas Indah

Tugas Pokok dan Fungsi

  1. Lurah mempunyai tugas membantu Camat dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan; melakukan pemberdayaan masyarakat; melaksanakan pelayanan masyarakat; memelihara ketenteraman dan ketertiban umum; memelihara sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum; melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh camat; dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Dalam melaksanakan tugas Lurah mempunyai fungsi :
  • mendorong pertisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kelurahan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di kelurahan;
  • melakukan pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja Kelurahan;
  • melakukan koordinasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Tentara Nasional Indonesia, pemuka agama serta tokoh masyarakat yang berada di wilayah kerja Kelurahan mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan;
  • melakukan koordinasi dengan kecamatan dan/atau instansi vertikal yang tugas dan fungsinya di bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  • melakukan koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  • melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan Kecamatan di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan Kelurahan;
  • melakukan perencanaan, pembinaan, pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dan pelayanan masyarakat di tingkat Kelurahan;
  • melakukan pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap perangkat kelurahan atas penyelenggaraan pemerintahan Kelurahan di tingkat Kecamatan;
  • melakukan percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnya;
  • pelaksanaan pelaporan kegiatan lingkup kelurahan kepada Camat yang meliputi : penyelenggaraan pemerintahan kelurahan; pemberdayaan masyarakat; penyelenggaraan pelayanan masyarakat; upaya pemeliharaan ketenteraman dan ketertiban umum; pemeliharaan sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum; pelaksaan tugas lain yang diberikan oleh camat; serta pelaksanaan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Lurah melakukan koordinasi dengan Camat dan instansi vertikal di wilayah kerjanya.

4. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Lurah membawahi :

  • Sekretaris Kelurahan;
  • Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  • Seksi Pembangunan;
  • Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Umum.

Kota Pangkalpinang

%d bloggers like this: